7 Surah Al Qur’an Yang Wajib Dihafal Sebelum Meninggal

10 Jan 2023  | 467x | Ditulis oleh : Team
7 Surah Al Qur’an Yang Wajib Dihafal Sebelum Meninggal

Setidaknya ada 7 Surat dalam Al Qur’an yang wajib dihafal sebelum meninggal. Sebelum menemui ajal, cobalah hafalkan surat-surat ini. Seperti diketahui, kitab suci Al Qur’an telah menjadi pedoman dan pedoman hidup manusia.

Ada alasan mengapa 7 Surat Al Qur’an berikut ini wajib dihafal sebelum meninggal. Keutamaan membaca surat-surat ini bahkan disebutkan dalam hadits.

Lantas, surat apa sajakah yang sebaiknya dihafalkan umat Islam selagi maut belum menjemput? Simak daftarnya berikut ini, sebagaimana telah dihimpun.

1. Surat Al Mulk

Surat Al Mulk wajib dihafal sebelum seseorang meninggal dunia. Terdiri dari 30 ayat, Surat Al Mulk punya manfaat besar bagi kaum Muslimin yang membacanya.

Sesuai hadits riwayat Imam Tirmidzi nomor 2891 yang berbunyi, “Ada suatu surat dari Alquran yang terdiri dari 30 ayat dan dapat memberikan syafaat bagi yang membacanya sampai dia diampuni yaitu Surat Al Mulk.”

2. Dua ayat terakhir Surat Al Baqarah

Surat Al Baqarah terbilang cukup panjang yakni mencapai 286 ayat. Tapi, ada dua ayat yang wajib dihafal yakni ayat 285 dan 286 (dua ayat terakhir).

ءَامَنَ ٱلرَّسُولُ بِمَآ أُنزِلَ إِلَيْهِ مِن رَّبِّهِۦ وَٱلْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَمَلَٰٓئِكَتِهِۦ وَكُتُبِهِۦ وَرُسُلِهِۦ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِّن رُّسُلِهِۦ ۚ وَقَالُوا۟ سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ ٱلْمَصِيرُ

“Rasul telah beriman kepada Alquran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan), ‘Kami tidak membeda-bedakan antara seseorang pun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya,’ dan mereka mengatakan, ‘Kami dengar dan kami taat.’ (Mereka berdoa), ‘Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali’.” (Ayat 285)

لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا ٱكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ إِن نَّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَآ ۚ أَنتَ مَوْلَىٰنَا فَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa), ‘Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami bersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir’.” (Ayat 286)

Keutamaan membaca ayat ini ada dalam hadits riwayat Imam Bukhari nomor 5009, “Barang siapa membaca dua ayat terakhir dari Surat Al Baqarah pada malam hari, niscaya ia akan diberi kecukupan.

3. Surat Al Kahfi

Surat selanjutnya yang wajib dihafal sebelum meninggal adalah Surat Al Kahfi. Total ayat dalam surat ini adalah 110 ayat. Tapi, umat Islam dianjurkan untuk menghafal 10 ayat di awal. Pasalnya, menurut hadist riwayat Imam Muslim nomor 809, barang siapa yang menghafal 10 ayat pertama Surat Al Kahfi, maka akan terlindungi dari fitnah Dajjal.

4. Surat Ar-Rahman

Menghafal Surat Ar-Rahman membawa manfaat yang tidak main-main. Memiliki arti “Yang Maha Pemurah”, surat ini terdiri dari 78 ayat.

Menurut riwayat Imam Ja’far , siapa pun yang membaca Surat Ar-Rahman dan meninggal dunia, maka kematiannya seperti mati syahid.

5. Surat Al Waqiah

Selama masih ada waktu untuk hidup, cobalah mulai menghafal Surat Al Waqiah yang berjumlah 96 ayat. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pernah bersabda mengenai Surat Al Waqiah ini.

“Apabila seseorang membaca Surat Al Waqiah pada tiap malam, maka Allah tidak akan menimpakan kemiskinan kepadanya.”

6. Ayat Kursi

Ayat Kursi merupakan ayat ke-255 dalam Surat Al Baqarah. Dalam hadits riwayat Ubay bin Ka’ab diterangkan bahwa Ayat Kursi menjadi ayat paling agung di dalam kitab suci Alquran. Tersimpan banyak arti yang menjelaskan kekuasaan Allah Subhanahu wa ta’ala beserta sifat-sifat-Nya yang mulia.

Ayat Kursi memiliki keutamaan yang luar biasa besar karena merupakan penghulunya Alquran. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda:

“Sesungguhnya segala sesuatu pasti memiliki punuk, dan punuknya Alquran adalah Surat Al Baqarah yang di dalamnya terdapat penghulu dari ayat-ayat suci Aquran. Ayat tersebut adalah Ayat Kursi.” (HR At-Tirmidzi)

7. Surat As-Sajdah

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam rutin membaca Surat As-Sajdah. Hadits riwayat Imam Ahmad mengatakan, “Nabi tidak akan tidur sampai beliau membaca Alif Lam Mim Tanzil (As-Sajdah) dan Tabarakalladzi biyadihil mulk (Al-Mulk).”

Wallahu a’lam bisshawab.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
RajaKomen
Scroll Top