Android 14 Akhirnya Resmi Diumumkan, Lebih Personal dan Banyak Fitur Baru Hadir

1 Des 2023  | 200x | Ditulis oleh : Team
Android 14 Akhirnya Resmi Diumumkan, Lebih Personal dan Banyak Fitur Baru Hadir

Google mengejutkan para penggemar Android dengan peluncuran smartphone Pixel 8 dan Pixel 8 Pro yang telah lama dirumorkan. Model yang diterima dengan baik ini hadir dengan jaminan pembaruan Android selama tujuh tahun, menjadikannya sangat menarik bagi pengguna.

Namun, kejutan terbesar bukanlah hadirnya perangkat Pixel terbaru. Melainkan, Google akhirnya mengumumkan Android 14, rilis besar berikutnya dari sistem operasi atau OS seluler Android yang perilisannya sempat tertunda beberapa kali.

Setiap tahun, Android meluncurkan pembaruan yang berupaya meningkatkan, menyesuaikan, dan memastikan pengalaman yang lebih baik bagi penggunanya. Setelah kesuksesan Android 13 dan segudang fitur barunya, dunia teknologi sangat menantikan perilisan Android 14.

Dan kini, saatnya telah tiba. Dengan fokus pada penyesuaian, kontrol, dan fitur aksesibilitas yang ditingkatkan, Android 14 diklaim hadir untuk mendefinisikan ulang pengalaman ponsel cerdas.

Tahun ini, fokus utama perusahaan adalah personalisasi. Seperti yang mungkin Anda ketahui, meskipun iOS bertujuan untuk menawarkan pengalaman serupa kepada semua orang, Android Google menjanjikan pengalaman yang lebih personal.

Tahun ini, serangkaian alat Personalisasi yang ditingkatkan ditambahkan ke sistem operasi seluler untuk lebih meningkatkan pengalaman ini. Artinya, Android 14 kini jadi lebih personal dengan banyak kemungkinan kustomisasi bisa dilakukan pengguna.

Misalnya, perusahaan membawa bahasa desainnya yang disebut “Material You”, yang diperkenalkan dengan Android 13 , ke level berikutnya. Seperti diketahui, fitur ini dapat secara otomatis menyesuaikan ikon aplikasi, elemen antarmuka pengguna, pengaturan, dan masih banyak lagi sesuai dengan warna wallpaper saat ini, mengikuti skema warna tertentu.

Dengan pembaruan baru, pengguna kini dapat mengatur pintasan layar kunci khusus, memungkinkan akses cepat ke aplikasi dan fungsi favorit mereka.

"Dan mulai hari ini, Android 14 hadir dan dilengkapi dengan pembaruan yang membantu Anda menyesuaikan pengalaman perangkat, memberi Anda kontrol lebih besar atas kesehatan dan keselamatan, serta meningkatkan aksesibilitas. Mari kita lihat apa yang baru," kata Dave Burke Wakil Presiden Teknik, Android dikutip dari blog resmi Google.

Selain itu, ada penyesuaian untuk layar kunci dan layar beranda yang menawarkan template yang dirancang khusus untuk widget, warna, font, dan banyak lagi. Dan bagi para artis di antara kita, Android 14 punya kejutan yang menyenangkan.

Wallpaper AI generatif baru menggunakan model difusi teks-ke-gambar yang dihasilkan oleh AI atau Artificial Intelligence, memungkinkan pengguna membuat wallpaper yang sesuai dengan visi mereka.

Di sisi lain, bagi mereka yang menyukai estetika minimalis, Android 14 memperkenalkan tema monokromatik canggih yang membalut perangkat dengan warna-warna kalem yang indah seperti:

- Customization Picker
- Custom Lock Screen Shortcuts
- Lock Screen Templates
- Generative AI Wallpapers
- Tema Monochromatic

Selain personalisasi, Android baru menawarkan kualitas gambar dan video yang sempurna. Pengenalan Ultra HDR memastikan foto menampilkan warna-warna cerah, sorotan lebih cerah, dan bayangan lebih dalam. Fitur ini memastikan foto terlihat terbaik. Terlebih lagi, dengan layar HDR, foto diambil dan ditampilkan tanpa mengurangi kualitas intrinsik gambar.

Kemudian, Health Connect menjadi platform baru di Android 14 yang memberi pengguna cara terpusat untuk menyimpan dan mengelola data kesehatan mereka dari berbagai aplikasi. Hal ini mempermudah pelacakan kemajuan kebugaran dan kesehatan Anda, dan juga memberi Anda kontrol lebih besar terhadap siapa yang memiliki akses ke data Anda.

Android 14 juga memperkenalkan pembaruan berbagi data baru yang memberi Anda lebih banyak visibilitas tentang cara aplikasi menggunakan data Anda. Misalnya, Anda kini akan diberi tahu saat aplikasi membagikan data lokasi Anda dengan pihak ketiga.

Android 14 juga menyertakan sejumlah fitur baru yang menjadikan platform ini lebih mudah diakses oleh orang-orang dengan gangguan penglihatan dan pendengaran. Misalnya, kaca pembesar yang ditingkatkan lebih intuitif untuk digunakan, dan ubin Pengaturan Cepat ukuran font memudahkan Anda mengubah ukuran teks di perangkat Anda.

Kemudian, Android 14 juga menyertakan fitur baru untuk alat bantu dengar, seperti alur penyiapan khusus dan kemampuan untuk mengakses kontrol alat bantu dengar dengan cepat dari pintasan. Selain itu, pengguna kini dapat mengaktifkan “Pemberitahuan Flash” untuk mendapatkan kilatan cahaya visual saat mereka menerima pemberitahuan masuk.

Menurut pihak Google, hingga saat ini Android 14 telah dirilis untuk perangkat Google Pixel dengan versi stabilnya. Akhir tahun ini, ini juga akan tersedia untuk produsen seperti Samsung, iQOO, Nothing, OnePlus, Oppo, Realme, Sharp, Sony, Tecno, Vivo, dan Xiaomi.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
RajaKomen
Scroll Top