Dampak Buruk Penyalahgunaan Narkoba dan Cara Mengatasinya dengan Rehabilitasi

2 Nov 2022  | 88x | Ditulis oleh : Team
Dampak Buruk Penyalahgunaan Narkoba dan Cara Mengatasinya dengan Rehabilitasi

Sering kali kita melihat berita atau membaca berita baik itu di televisi, surat kabar atau radio. Berita tentang penangkapan atas kasus penyalahgunaan narkoba baik dari kalangan masyarakat sampai dengan para publik figur.

Sebenarnya narkoba itu apa sih, dan dampaknya apakah seburuk itu untuk kehidupan manusia, sampai-sampai orang yang menyalahgunakan narkoba harus keluar masuk tempat rehabilitasi karena sulit untuk terlepas dari barang haram tersebut.

Mengenal sekilas tentang apa sih narkoba?

Narkoba adalah singkatan dari narkotika, Prikotropika dan zat adiktif. Narkotika sendiri adalah obat berbahaya yang bisa mengurangi bahkan bisa menghilangkan kesadaran dan juga rasa sakit, contohnya ganja.

Psikotropika sendiri adalah obat yang dapat menyebabkan gangguan pasa sistem saraf pusat yang bisa mempengaruhi kondisi mental para penggunanya, contohya heroin. Sedangkan zat adiktif adalah obat yang bisa membuat penggunanya menjadi ketergantungan, contoh perokok dan peminum alkohol.

Sebenarnya dalam dunia medis narkoba bisa digunakan asal dengan resep dokter, karena narkoba merupakan obat-obatan yang sangat berbahaya. Obat-obatan tersebut biasanya boleh digunakan oleh pasien yang memang mengalami rasa sakit yang luar biasa, contoh pasien penyakit kanker, dengan mengkonsumsi obat tersebut tentu saja akan bisa mengurangi rasa sakitnya sehingga pasien akan merasa tenang.

Berikut dampak buruk narkoba untuk kesehatan

Biasanya dalam kasus ketergantungan narkoba ini pengguna atau pasien akan merasakan ingin terus mengkonsumsi obat tersebut dalam dosis yang lebih banyak dari yang dianjurkan, nah hal inilah yang disebut dengan kecanduan dan tentu saja termasuk penyalahgunaan narkoba.

Dampak buruknya dari penyalahgunaan narkoba yaitu :

  • Merasa tenang dan tertidur

Orang yang memiliki gangguan psikis biasanya akan megkonsumsi obat depresan, tapi jika disalahgunakan obat depresan ini akan membuat penggunanya lebih tenang dan tertidur. Tapijangan salah orang yang tidur karena obat tersebut akan berbeda dengan tidurnya orang normal atau biasa. Orang yang tertidur karena mengkonsumsi obat depresan sebenarnya tidak tertidur karena organ di dalam tubuhnya masih aktif beraktivitas.

  • Mengalami halusinasi

Halusinasi adalah penggambaran yang tidak nyata dari penca indera terhadap suatu objek, tentu saja halusinasi akan menyebabkan penggunanya tidak bisa membedakan antara nyata atau khayalan. Halusinasi bisa terjadi saat mengkonsumsi narkoba atau saat berhenti memakai narkoba secara mendadak. Bahayanya lagi jika tidak dipenuhi maka penggunanya akan mudah tersinggung dan mudah tertekan.

  • Membuat badan terasa fit

Ibaratnya mesin jika terus menerus dipakai tentu saja akan mudah aus dan cepat rusak, begitu juga tubuh pengguna narkoba yang selalu merasakan fit, padahal organ-organ tubuhnya itu perlahan akan kelelahan karena dipaksa terus bekerja.

  • Menjadi kecanduan  

Sifat dari narkoba adalah adiktif yang membuat pengguna narkoba akan ingin terus megkonsumsi dalam jumlah lebih banyak lagi. Jika konsumsi sudah melebihi batas normal maka pengguna akan mengalami sakaw atau overdosis dan bisa berujung pada kematian.

  • Menurunkan daya pikir

Pengguna narkoba awalnya akan merasa kreatif dan produktif, tetapi suatu saat ada keinginan menggunakan lebih bayak narkoba maka disitu pengguna menjadi tidak fokus dan akan mulai berubah, karena sistem saraf sudah rusak oleh narkoba.

  • Meracuni tubuh

Lama kelamaan pengguna narkoba akan keracunan dan tenggorokan akan terasa terbakar, karena narkoba merupakan racun bagi tubuh dan segala zat yang berbahaya bagi manusia pasti akan disaring oleh organ hati. Narkoba juga akan merusak organ penting lainnya seperti ginjal, jantung dan otak.

Begitu hebatnya dampak buruk penyalahgunaan narkoba, dan masih banyak lagi dampak buruknya untuk kesehatan, maka dari itu seorang pecandu narkoba akan merasa sulit untuk meninggalkan ketergantungannya pada obat terkutuk tersebut.

Untuk itulah tidak sembarangan orang yang bisa menangani pecandu narkoba, tentu saja diperlukan pihak yang benar-benar berkompeten dalam bidangnya. Oleh sebab itulah solusi terbaik untuk pemulihan dan penyembuhan dengan menjalani rehabiltasi ketergantungan narkoba sampai benar-benar sembuh total.

Dikutip dari CNN Indonesia, berikut cara rehabilitasi penggunaan narkoba yang memiliki beberapa langkah dan metode penyembuhan diantaranya adalah :

  1. Pemeriksaaan  secara seksama untuk mendalami tingkat ketergantungannya terhadap obat haram tersebut, dan tingkat respon tubuh di pecandu.
  2. Detoksifikasi pada tubuh pengguna narkoba aktif, karena tidak jarang para pecandu akan mengalami sakau karena efek narkoba.
  3. Pasien rehabilitasi selanjutnya akan melalui tahapan stabilisasi, pada tahap ini lebih fokus pada kesehatan mental yang diharapkan tidak akan mengulanginya lagi.
  4. Dilakukan pendampingan pasca rehabilitasi sampai pasien dinyatakan telah benar-benar sembuh, tentu saja harus terus dilakukan pengawasan dan pendampingan yang baik supaya tidak masuk lagi ke lingkungan pengguna narkoba.

Itulah cara terbaik mengatasi kecanduan narkoba dengan cara rehabilitasi, jika anda memiliki saudara atau teman dan peduli akan kesembuhannya dari ketergantungan narkoba, sebaiknya anda konsultasikan disini yaitu Ashefa Griya Pusaka, salah satu tempat rehabilitasi terbaik di Indonesia. Anda juga bisa kunjungi website resminya di https://ashefagriyapusaka.co.id/ jauhi narkoba dan mari kita berantas bersama-sama.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
RajaKomen
Scroll Top