Dosa Besar Berupa Larangan yang Dianggap Biasa

7 Des 2022  | 339x | Ditulis oleh : Team
Dosa Besar Berupa Larangan yang Dianggap Biasa

Dosa besar yang dimaksud adalah al-kabair yaitu dosa besar yang diancam neraka, terkena laknat, dimurkai dan akan dikenai siksa. Hal ini disebutkan oleh ibnu jarir dalam tafsirnya dari Ibnu’Abbas radhiyallahu’anhuma (Tafsir Ath-Thabari, 5:59)

Dosa besar yang dianggap biasa pada jaman sekarang ini adalah banyak para wanita berjoged jogged sambil bernyanyi, dan itu di uploadnya dalam instagram supaya dilihat oleh banyak orang. Kadang nenek-nenek goyang dua jari subhanallah, jauhilah taubat takut kepada Allah, karena itu adalah dosa yang dianggap biasa.

Minum-minuman keras dijual secara bebas, kebiasaan diundang di acara dengan melihat adanya penyanyi yang berjoged-joged jauhilah. Kalau kita tidak bisa menasehatinya dengan lisan setidaknya kita membencinya, jangan dilihat karena itu adalah dosa besar yang sudah dianggap biasa.

Dijaman sekarang ini ada orang tua yang memiliki anak gadis dan merasa sedih jika anaknya malam minggu tidak ada yang mengapeli. Yang seharusnya orang tua melindungi anak-anak perempuannya dari pergaulan yang dilarang, berpacaran apalagi sampai dibawa pergi oleh laki-laki yang buka mahromnya.

Orang tua harusnya bangga jika ada seorang laki-laki yang datang kepada anda untuk meminta anak perempuan anda untuk dinikahi, jadi buat anda laki-laki jangan tergoda oleh kecantikan luar saja, karena banyak dosa yang dianggap biasa sehingga tidak menyadarinya sudah dilakukan.

Dosa walaupun kelihatannya kecil, tetapi bisa menjadi besar jika dilakukan terus menerus, merasa gembira dengan dosa, dilakukan terang-terangan serta perbuatan dosa itu diikuti oleh orang lain. Seperti sekarang ini banyak muda mudi berduaan di pinggir jalan sambil berpelukan, gandengan tangan, berciuman, subhanallah,,,dan hal itu sudah biasa.

Jadi mulai sekarang yang suka menguplod dirinya sambil jogged-joged dan bernyanyi-nyanyi, tolong segera dihapus, karena itu perbuatan dosa jariyah yang dianggapnya remeh.

Jika manusia berbuat dosa tetapi dibiarkan terus menerus maka walaupun itu dianggap dosa kecil tetapi lama-lama menjadi dosa besar juga. Sampai berhari-hari jika perbuatan dosa yang sesungguhnya besar itu masih dianggap biasa.

Masih banyak lagi dosa-dosa besar yang dianggap biasa pada jaman sekarang ini yang masih banyak dilakukan oleh manusia. Setidaknya kita sebagai muslim harus takut akan adanya azdab dan siksa neraka bagi siapa yang melanggar aturan Allah Ta’ala.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
AMIN
Scroll Top