Nyalakan Hati Nuranimu

17 Mar 2022  | 128x | Ditulis oleh : Team
Nyalakan Hati Nuranimu

Dosa adalah segala sesuatu yang membuat hatimu bimbang dan kamu tidak suka jika orang lain mengetahuinya ”, begitu sabda Rasululláh ﷺ ketika ada salah seorang sahabat yang bertanya kepadanya tentang apa itu dosa.

Ketika ada seseorang yang berbuat dosa, pada hakikatnya ia telah dikalahkan oleh hawa nafsunya. Virus dosa ini harus segera diobati sebelum menjalar, yaitu dengan istighfár, memohon ampunan kepada Allâh ﷻ. Karena satu dosa yang dilakukan seseorang itu bagai penyakit yang menempel di jiwanya. Jika tidak segera diobati, suatu saat penyakit ini akan menjalar dan menggiringnya untuk melakukan dosa lain.

Dosa menumpuk yang tidak segera diobati bisa membuat hati itu gelap dan lama kelamaan pun akan mati. Rasûlullâh ﷺ bersabda, “ Ketika seorang hamba melakukan satu kesalahan, maka dititikkan dalam hatinya sebuah titik hitam. Jika ia meninggalkannya dan memohon ampunan serta bertaubat, maka hatinya dibersihkan. Jika ia kembali untuk berbuat maksiat, maka ditambahkan lagi titik hitam tersebut hingga menutupi hatinya.

Karenanya ayo ‘nyalakan hati nurani‘ kita, ayo manfaatkan momentum ‘nishfu Sya’ban’ dengan terus memperbanyak istighfâr dan taubat pada Allâh Al Ghaffâr. Karena suara hati nurani itu tak kan pernah dapat dibungkam oleh siapapun dan dengan cara apapun.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Rajakomen
Scroll Top