Sogok Menyogok Dan Kehidupan Kita

11 Jul 2022  | 230x | Ditulis oleh : Team
Sogok Menyogok Dan Kehidupan Kita

Kita merasakan bahwa kehidupan kita di zaman ini, apalagi di tanah air kita ini terasa sulit. Kian hari kian bertambah. Banyak kerusakan yang terjadi dalam sendi masyarakat, musibah yang silih berganti. Tidak hanya satu atau dua, akan tetapi dalam jumlah yang tak terkira.

Kita tentu ingin tahu sebabnya, agar kita bisa keluar dari kondisi ini. Sebuah ayat dalam al-Qur’an, yang semoga bisa kita renungi, Allah ﷻ berfirman:

قُلْ هَلْ أُنَبِّئُكُم بِشَرٍّ مِّن ذَٰلِكَ مَثُوبَةً عِندَ اللَّهِ ۚ مَن لَّعَنَهُ اللَّهُ وَغَضِبَ عَلَيْهِ وَجَعَلَ مِنْهُمُ الْقِرَدَةَ وَالْخَنَازِيرَ وَعَبَدَ الطَّاغُوتَ ۚ أُولَٰئِكَ شَرٌّ مَّكَانًا وَأَضَلُّ عَن سَوَاءِ السَّبِيلِ

Katakanlah: “Apakah akan aku beritakan kepadamu tentang orang-orang yang lebih buruk pembalasannya dari (orang-orang fasik) itu disisi Allah, yaitu orang-orang yang dikutuki dan dimurkai Allah, di antara mereka (ada) yang dijadikan kera dan babi dan (orang yang) menyembah thaghut?” Mereka itu lebih buruk tempatnya dan lebih tersesat dari jalan yang lurus. (QS. Al-Maidah: 60)

Sebabnya mengapa? Allah ﷻ juga telah menjelaskan dalam ayat selanjutnya. Di antaranya yaitu:

وَتَرَى كَثِيرًا مِنْهُمْ يُسَارِعُونَ فِي الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَأَكْلِهِمُ السُّحْتَ لَبِئْسَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

“Dan kamu akan melihat kebanyakan mereka (orang-orang Yahudi) bersegera membuat dosa, permusuhan dan memakan as-Suht. Sesungguhnya amat buruk apa yang mereka kerjakan itu.” (QS. Al-Maidah: 62)

Dalam ayat ini, Allah ﷻ menggambarkan sebuah masyarakat yang rusak dan hancur di masa itu, yaitu masyarakat Yahudi. Di mana salah satu ciri khas mereka adalah mayoritasnya sangat suka memakan as-Suht yang ditafsirkan oleh ahli ilmu bermakna sogok.

Jadi inilah dia, bila hal itu ditiru oleh masyarakat muslim, maka kerusakan tentu tidak akan terelakkan. Sebagaimana hal itu menimpa mereka maka juga akan menimpa kita. Karena sebabnya sama, sebuah perbuatan yang dikutuki Allah ﷻ dan juga Rasul-Nya. Abdullah bin Amr radhiyallahu ‘anhu mengatakan:

لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الرَّاشِي وَالْمُرْتَشِي

“Rasulullah ﷺ melaknat orang yang menyogok dan orang yang menerima sogokan.” (HR. Abu Dawud: 3580)

Dan itulah yang terjadi, betapa banyaknya praktek sogok menyogok dalam kehidupan kita hari ini, dari skala kecil sampai besar. Maka pantas saja hidup kita menjadi sempit, karena kita terkena laknat dan kutukan Allah dan Rasul-Nya ﷺ.

Oleh sebab itu, jika kita mau hidup lapang tentram sentosa, maka caranya adalah membersihkan diri dari segala bentuk dosa, di antaranya dari dosa sogok menyogok. Itulah jalannya, jika kita enggan maka jangan salahkan Allah ﷻ jika enggan pula mengangkat kesulitan hidup kita tersebut.

Semoga bermanfaat.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
RajaKomen
Scroll Top