Waspada Penyakit Sering Rindu

7 Mar 2022  | 208x | Ditulis oleh : Team
Waspada Penyakit Sering Rindu

Nostalgia atau rasa rindu mengacu pada perasaan sedih dan sentimental yang tiba-tiba muncul ketika kamu teringat akan pengalaman, hubungan, tempat, dan bagian lan dari masa yang sudah lewat.

Kalau kamu sering merasa rindu, waspadalah penyakit rindu dan cara mengatasinya. Seringkali rindu memendam emosi positif, rasa kebermaknaan atau tujuan hidup, hubungan sosial dan rasa optimism.

Walau begitu rasa rindu ternyata seringkali meninggalkan efek yang sangat tidak menyenangkan.

Jika kamu sering merasakan rindu, kamu harus waspada kena penyakit ini, dikutip dari laman Healthline, bahwa kerinduan yang terjadi pada akhirnya dapat menjadi penyebab tekanan emosional, termasuk gejala dari terkena depresi.

Kenangan atau nostalgia mungkin menimbulkan bayangan yang lebih panjang jika kamu memliki kebiaaan khawatir atau sering menemukan seseorang terpaku pada pikiran-pikiran gelap dan tidak diinginkannya.

Sebuah studi 2012 mengeksplorasi potensi efek negative nostalgia dalam sample lebih dari 200 orang dewasa. Peserta yang sebagian besar adalah mahasiswa, menjawab pertanyaan tentang mereka yaitu :

Suasana hati termasuk jika mereka mengalami kecemasan atau depresi

Kecenderungan atau rasa khawatir

Kenangan nostalgia yang diminta untuk mereka gambarkan menggunakan citra visual dan detail sensorik lainnya

Menurut hasil, dan partisipan yang cenderung lebih sering khawatir juga mendapatkan perasaan depresi dan kecemasan yang lebih kuat setelah membicarakan  masa lalu mereka.

Kenangan sering kali muncul ketika memikirkan orang-orang terkasih, baik yang sudah lama tidak kamu temui atau yang tidak pernah bertemu lagi.

Jika kamu kehilangan teman atau orang yang kamu cintai dan merasa tidak benar-benar menutup diri, maka kenangan itu mungkin akan terasa lebih menyedihkan. Nostalgia antisipatif, kerinduan akan seseorang atau sesuatu yang belum hilang.

Selain itu rindu dapat memicu kecemasan dan kesedihan yang mendahului. Berikut cara mengetasi sering rindu atau penyakit depresi nostalgia :

  • Pertahankan hal-hal dalam perspektif

Jangan biarkan masa lalu yang tersaring memperngaruhi kamu, selidki ingatan kamu sedikit lebih dalam untuk mendapatkan gambaran yang lebih realistis.

  • Tanamkan pikiran yang mindfull

Perhatian penuh atau secara sadar memfokuskan kesadaran kamu disini dan  saat ini itu akan bisa membantu bahawa pikiran masa lalu yang muncul hanyalah pikiran yang sudah lewat dan perasaan itu tidak memiliki kuasa atas hidup kamu yang sekarang.

  • Binalah hubungan yang memuaskan

Ketika nostalgia mengarah pasa kerinduan akan orang terkasih yang hilang, kamu dapat menantang perasaan kesepian dengan beralih ke orang-orang yang ada di sekitar kamu sekarang.

Belajarlah hidup yang realistis dan yang ada di hadapan kamu jangan mengingat dan merindukan apa yang sudah lalu, karena penyakit rindu itu berat dan berbahaya.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Rajakomen
Scroll Top