Mengenal Lebih Dekat Kota Madiun dengan Makanan Khasnya

12 Feb 2022  | 213x | Ditulis oleh : Team
Mengenal Lebih Dekat Kota Madiun dengan Makanan Khasnya

Mendengar salah satu daerah yang ada di Jawa Timur, Madiun, pastinya masyarakat Indonesia mengingat peristiwa yang terjadi 1948 itu. Dimana pada saat peristiwa Madiun 1948 dan pemberontakan G30SPKI 1965 telah menjadi bukti betapa ganasnya ancaman komunisme di Indonesia. 

Namun, tidak ada salahnya jika kamu mengenal lebih dekat daerah tersebut lewat makanan khas yang hanya dimiliki oleh Kota Madiun saja. 

Berikut ini adalah rangkumkan sejumlah kuliner khas Madiun yang wajib untuk anda dicicipi. 

1. Brem

Salah satu ikon Madiun ini terbuat dari sari ketan yang telah difermentasi. Bentuknya kotak pipih dan berwarna putih kekuningan. Makanan yang satu ini sering sekali menjadi oleh-oleh untuk di bawa ke luar kota. 

Kebanyakan orang memang sudah mengenal cemilan khas Madiun tersebut. Itu karena rasanya yang lembut dan melebur di mulut saat memakannya. Saat ini sudah  banyak variannya antara lain, strawberry, keju, dan coklat.

2. Kue Manco

Makanan khas ini merupakan warisan nenek moyang, yang menurut mitosnya, tidak bisa dibuat di daerah manapun kecuali Desa Tambak Mas. Jajanan ini dibuat dengan bahan tepung ketan. 

Proses pembuatan kue ini sederhana, yaitu tepung ketan diberi air dan diaduk hingga bentuknya menyerupai donat. Setelah direbus dan dikeringkan bisa dibentuk segitiga kecil-kecil. 

Kemudian adonan dapat digoreng hingga mengembang dan dicampur dengan gula merah cair. Terkadang, ada yang diberi perisa, seperti beras atau kacang.

3. Madumongso

Madumongso adalah jenis jenang yang biasanya disajikan saat lebaran tiba.  Bahan dasar yang digunakan untuk pembuatan madumongso adalah ketan hitam yang difermentasi menjadi tape. 

Ketan itu dimasak bersama santan dan gula, hingga teksturnya menyerupai dodol. Pengemasan Madumongso terbilang unik, yaitu dengan menggunakan kertas minyak warna-warni. Bentuknya pun bervariasi, mulai dari bulat hingga lonjong.

Rasa makanan ini memang agak asam dan ada manisnya. Cemilan tersebut bisa didapatkan di pusat oleh-oleh kawasan Madiun. 

4. Bluder Cokro

Cemilan ini memang sudah ada sejak lama, tepatnya pada masa kolonial Belanda. Seiring berjalannya waktu, kue ini semakin populer, hingga dijadikan oleh-oleh khas Madiun. 

Bentuk rotinya unik dan teksturnya lembut. Dalam proses pembuatannya juga masih dilakukan dengan cara tradisional. 

Tidak perlu khawatir, makanan ini bebas pengawet dan memiliki daya tahan maksimal 6 hingga 7 hari. Sehingga, roti ini sangat aman untuk kesehatan. 

5. Pentol Corah

Makanan khas Madiun ini juga terbilang lezat. Bagi pecinta pedas, kuliner yang satu ini bisa dijadikan rekomendasi. 

Cemilan ini terbuat dari campuran tepung terigu, tepung kanji, air dan aneka bumbu rempah, seperti bawang putih, merica serta garam. Setelah bahan tersebut dicampurkan, adonan itu dapat dimasukkan ke dalam tahu, kemudian dikukus. 

Jika sudah matang, biasanya dihidangkan bersama saus yang diberi cabai, bawang putih, merica dan garam. Jajanan ini mampu membakar lidah kamu karena rasanya yang sangat pedas, namun sangat nikmat. Nah jangan lupa ya jika berkunjung ke Madiun membeli makanan khasnya buat oleh-oleh orang dirumah.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Rajakomen
Scroll Top