Menteri Agama Tutup Penyelenggaraan Ibadah Haji 2022

19 Agu 2022  | 82x | Ditulis oleh : Team
Menteri Agama Tutup Penyelenggaraan Ibadah Haji 2022

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengakhiri operasional penyelenggaraan ibadah haji 1443 Hijriyah atau 2022 Masehi. Menurutnya, tahun ini jamaah haji Indonesia selalu tertib selama pelaksanaan ibadah haji.

“Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah, operasional penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443 Hijriyah atau 2022 Masehi, saya nyatakan selesai. Terima kasih tidak terhingga dan rasa hormat kepada seluruh jamaah haji Indonesia yang selama pelaksanaan selalu dalam posisi tertib dan disiplin mengikuti segala ketentuan dan peraturan, baik di tanah air dan tanah suci,” katanya dalam konferensi pers di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Jamaah haji Indonesia yang tertib dibuktikan dari beberapa penghargaan yang diberikan pemerintah Arab Saudi. “Meskipun tidak dalam bentuk piala, piagam tapi pernyataan bahwa jamaah Indonesia tertib dan jadi contoh dari negara-negara lain,” kata dia.

Ia menambahkan jamaah haji yang wafat tahun ini sangat kecil dibandingkan tahun lalu. Jumlahnya terdapat 90 orang jamaah haji yang wafat dan delapan orang jamaah haji masih dalam perawatan di Arab Saudi.

Ia menjelaskan haji tahun ini momentum yang luar biasa, dimana haji tahun ini merupakan haji akbar dan 17 Agustus 2022 kemarin memperingati hari bersejarah kemerdekaan. “Dan kloter terakhir yang pulang, petugas yang terakhir pulang juga menjelang peringatan hari kemerdekaan ini,” kata dia.

Ia juga sangat berterima kasih kepada sejumlah instansi yang terlibat dalam pelaksanaan ibadah tersebut. Seperti, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kepolisian, TNI dan Kedutaan Besar Arab Saudi.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
RajaKomen
Scroll Top