Pesantren Tingkat SMA sebagai Alternatif Pendidikan Modern

5 Feb 2024  | 174x | Ditulis oleh : Admin
pesantren Al Masoem

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Di Indonesia, terdapat berbagai jenis pendidikan, mulai dari sekolah formal, sekolah informal, hingga pesantren.

Pesantren umumnya dikenal sebagai lembaga pendidikan Islam yang fokus pada pendidikan agama. Namun, saat ini banyak pesantren yang juga menawarkan pendidikan tingkat SMA yang dibalut dengan pendidikan sekolah islam dan pesantren, yang disebut dengan pesantren tingkat SMA. 

Pesantren Tingkat SMA sebagai Alternatif Pendidikan Modern

Pesantren tingkat SMA menjadi alternatif pendidikan bagi siswa yang ingin mendapatkan pendidikan agama dan umum secara seimbang. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan pesantren tingkat SMA:

Kelebihan sekolah pesantren tingkat SMA:

Setidaknya ada 5 kelebihan dari jenis pondok pesantren ini seperti : 

Pesantren tingkat SMA memberikan pendidikan agama yang lebih mendalam dibandingkan sekolah umum. Karena dalam pendidikan SMA plus Pesantren ini para peserta didik tidak hanya mendapatkan ilmu pendidikan umum tapi juga mendapatkan ilmu pendidikan modern seperti IPA, IPS dan lain sebagainya

  • Pembinaan akhlak: 

Pesantren fokus pada pembinaan akhlak dan karakter siswa. Dibalik itu pesantren tingkat SMA juga membantu siswa untuk bisa berkembang di pendidikan modern seperti bagi para siswa dan santri yang ingin melanjutkan kuliah dan sekolah ke luar negeri bisa di jenis sekolah ini bahkan lulusannya lebih luas dibandingkan pesantren dan sekolah biasa. Dibalik itu juga para peserta didik memiliki ilmu pendidikan modern dan ilmu pendidikan pesantren yang dimana adab dan akhlak akan dibawa hingga akhir hayat. Adab dan akhlak dari lulusan pesantren ini yang akan menjadi nilai tersendiri bagi para peserta didik.

  • Lingkungan yang kondusif: 

Pesantren menyediakan lingkungan yang kondusif untuk belajar dan beribadah. Hal seperti ini yang jarang didapatkan di lingkungan pendidikan sekolah formal biasa. Bagi yang tidak tahu, pesantren tingkat SMA itu adalah pondok pesantren modern yang membuka dua tingkatan yaitu tingkat SMP dan SMA dimana setiap tingkatan memiliki pemfokusan yang berbeda.

  • Keterampilan hidup: 

Pesantren membekali siswa dengan berbagai keterampilan hidup, seperti kemandirian, kepemimpinan, dan bahasa Arab. Dibalik itu juga pondok pesantren tingkat SMA ini juga memberikan kemandirian yang tinggi bagi para peserta didiknya.

  • Fasilitas: 

Fasilitas di pesantren kami tidak bisa memberikan patokan khusus tapi sebagai gambaran sekolah berpesantren tingkat SMA swasta bisa memiliki fasilitas yang jauh lebih baik dibandingkan pondok pesantren non swasta tapi bisa jadi juga yang non swasta lebih baik lagi daripada yang swasta semua tergantung dari modal yang dimiliki pondok pesantren tersebut. Dan modal seperti ini berbeda beda setiap pondok maka dari itu untuk perbandingan alangkah baiknya bagi orang tua yang mencari pondok pesantren tingkat SMA untuk melihat lihat atau school tour terlebih dahulu sebelum mendaftar.

Kekurangan Pesantren Tingkat SMA:

Dari kelebihan pasti ada kekurangannya dan dari semua hal yang kami dapatkan setidaknya hanya ada dua kekurangan dari pondok pesantren jenis ini seperti : 

  • Kurikulum: 

Kurikulum di pesantren mungkin tidak fokus sekolah umum tapi juga fokus ke pendidikan pesantren. Bagi beberapa siswa ini bisa diikuti secara normal tapi ingat tidak semua anak bisa ikut dalam jenis kurikulum seperti ini karena lebih padat tentunya dibandingkan dengan sekolah biasa. Tapi tetap saja sekolah tidak akan tinggal diam begitu saja, kepadatan ini bisa diminimalisir dengan berbagai macam metode menjadi terasa lebih ringan ketika dijalani dengan baik oleh para peserta didik. Maka dari itu jenis pesantren tingkat SMA seperti ini memberikan tes terlebih dahulu gunanya bukan menjadi pembeda antara siswa yang kurang dan bagus tapi lebih kepada beginilah cara sekolah melihat siswa, ketika siswa tidak sanggup dalam mengikuti ujian itu maka tidak akan lulus tapi bukan berarti bodoh tapi jika dilanjutkan mereka tidak akan bisa mengikuti kurikulum yang berlaku di sekolah ini begitu juga sebaliknya.

  • Biaya: 

Biaya pendidikan di pesantren umumnya lebih mahal dibandingkan sekolah umum. Dan ini terbukti setiap pondok pesantren pasti memiliki biaya bulanan dan pendaftaran yang jauh lebih tinggi tapi tetap saja bagi beberapa orang tua ini merupakan hal yang bagus demi masa depan putra putrinya.

Kesimpulan : Pesantren tingkat SMA merupakan alternatif pendidikan yang baik bagi siswa yang ingin mendapatkan pendidikan agama dan umum secara seimbang. Orang tua perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan pesantren sebelum memutuskan untuk menyekolahkan anaknya di sana.

Berikut beberapa tips dalam memilih pesantren tingkat SMA:

  1. Cari informasi: Cari informasi tentang pesantren yang diminati, seperti kurikulum, fasilitas, biaya, dan kegiatan ekstrakurikuler.
  2. Kunjungi pesantren: Kunjungi pesantren untuk melihat langsung kondisi dan lingkungannya.
  3. Bicarakan dengan orang tua: Bicarakan dengan orang tua tentang pilihan pesantren dan dengarkan saran mereka.
  4. Pertimbangkan minat dan bakat anak: Pilihlah pesantren yang sesuai dengan minat dan bakat anak.

Jika anda bingung mencari pondok pesantren tingkat SMA yang baik bagi putra putri anda, Al Masoem adalah salah satu pondok pesantren tingkat SMA terbaik di Bandung, Jawa Barat. Al Ma'soem tidak hanya membuka jenjang SMA tapi juga tingkat SMP dengan pemfokusan yang berbeda. Seperti SMP lebih fokus pada soft skill siswa agar mereka bisa memiliki soft skill dan karakter yang baik sedangkan untuk tingkat SMA siswa lebih difokuskan pada perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi luar negeri sesuai dengan peminatan di awal. Al Masoem memberikan beasiswa juga kepada para calon siswa dan santri hingga 100%.  

Semoga informasi ini bermanfaat!

 

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Tryout
Scroll Top