Seorang Muslim Harus Mengetahui Kapan Waktu Sholat

18 Agu 2022  | 169x | Ditulis oleh : Team
Seorang Muslim Harus Mengetahui Kapan Waktu Sholat

Rukun islam ada lima yaitu membca dua kalimat syahadat, mengerjakan sholat lima waktu, menunaikan zakat, puasa di bulan Ramadhan dan terkahir menunaikan ibadah haji bagi mereka yang sudah mampu. Seorang muslim selalu mengucapkan kalimat syahadat yang wajib sehari semalam sebanyak lima kali, yaitu pada saat sholat lima waktu, subuh, duhur, ashar, maghrib dan isya. Untuk itulah kita harus mengetahui kapan jadwal untuk sholat, dan untuk anda yang berada di wilayah Bali, bisa cek jadwal sholat Bali disini.

Sholat yang kita lakukan adalah menjadi penghubung antara seorang hamba dan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sholat jugalah yang membuat seorang muslim bisa terhindar dari perbuatan maksiat, jika sholat dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan niat semata-mata hanya karena Allah.

Kita juga harus tau apa saja syarat syahnya sholat, agar sholat yang kita lakukan tidaklah sia-sia

  • Bersuci atau wudhu agar terhindar dari hadas kecil dan najis
  • Menutup aurat atau memakai pakaian yang suci
  • Mengetahui kapan jadwal atau waktu masuk sholat
  • Menghadap kiblat
  • Sholat di tempat suci, bagi laki-laki wajib sholat berjamaah

Seperti yang sudah disebutkan diatas, dimana sebagai seorang muslim tentu saja kita harus mengetahui dan selalu memperhatikan kapan jadwal sholat yang tepat untuk masing-masing wilayah, seperti halnya jadwal sholat Bali, karena kita semua mengetahui mungkin masjid di Bali tidak sebanyak di wilayah yang mayoritasnya muslim. Jadi kadang kita tidak mendengar adzan tanda panggilan untuk sholat.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala juga telah memerintahkan umat muslim untuk tidak menunda waktu sholat, ketika telah tiba waktunya segeralah sholat.

Waktu sholat lima waktu terbaik adalah menurut Alquran dan Hadist

Nah bagi yang belum memahami betul waktu untuk sholat lima waktu yang sudah ditentukan oleh Alquran dan Hadist, berikut ini adalah penjelasannya.

  • Waktu sholat duhur adalah ketika matahari telah condong ke barat dan bayangan kita sama dengan tingginya, dan sampai dengan waktu ashar belum tiba.
  • Waktu sholat ashar ketika matahari belum menguning
  • Waktu sholat maghrib selama awan merah belum menghilang
  • Waktu sholat isya sampai tengah malam
  • Waktu sholat subuh semenjak terbitnya fajar hingga matahari belum terbit.

Bagi anda yang masih bingung dengan perhitungan waktu berdasarkan Alquran dan Hadist karena misal cuaca sedang mendung atau ada hal-hal yang tidak terduga, anda bisa mencari jadwal sholat lewat aplikasi yang ada di handphone anda. Atau jika anda sedang berada di wilayah Denpasar anda bisa klik di https://jadwalsholatbali.com anda bisa mengetahui kapan kira-kira waktu sholat atau jadwal sholat Denpasar.

Keutamaan menjalankan sholat lima waktu di awal waktu adalah perbuatan yang mulia, sebagaimana sabda Rasulullah yaitu “ perbuatan yang paling mulia ialah sholat pada awal waktunya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Jadi buat anda yang sedang berlibur atau baru menetap di Bali, Denpasar, Gianyar dan kota lainnya bisa klik disini untuk mengetahui jadwal sholat Bali dan jadwal sholat Denpasar. Dimanapun anda berada usahakan untuk menjalankan perintah sholat lima waktu ini di awal waktu, semoga bermanfaat.

 

Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Rajakomen
Scroll Top