5 Penyakit Yang Dilarang Minum Air Kelapa, Termasuk Pengidap Alergi

12 Agu 2023  | 516x | Ditulis oleh : Team
5 Penyakit Yang Dilarang Minum Air Kelapa, Termasuk Pengidap Alergi

Banyak penderita penyakit yang dilarang minum air kelapa secara berlebihan. Salah satunya pengidap alergi.

Air kelapa diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan. Minuman alami ini mengobati dan mencegah dehidrasi karena mengandung karbohidrat dan elektrolit.

Selain banyak manfaatnya, air kelapa sepertinya tidak cocok untuk semua orang. Berbagai gangguan kesehatan yang diderita seseorang memaksanya untuk menghindari minuman ini.

Laporan dari berbagai sumber mencantumkan beberapa penyakit yang melarang minum air kelapa sebagai berikut.

Penyakit yang Dilarang Minum Air Kelapa

  • Pengidap Masalah Ginjal

Air kelapa memiliki potasium yang cukup tinggi. Mengutip laman WebMd, biasanya kalium akan diekskresikan dalam urin jika kadar darah terlalu tinggi.

Namun, prosesnya mungkin tidak akan berjalan pada seseorang yang memiliki masalah ginjal. Hal ini termasuk kondisi ginjal yang tidak bekerja secara normal hingga penyakit gagal ginjal.

Sebagai dampaknya, organ ginjal tidak bisa membuang kelebihan kalium dalam darah. Sehingga berpotensi memunculkan keluhan kesehatan lain yang berbahaya.

  • Seseorang dengan Alergi Kacang-kacangan

Air kelapa dapat menimbulkan reaksi alergi. Terutama bagi orang yang memiliki alergi terhadap kacang-kacangan.

Mengutip Stylecraze, hal ini karena kelapa tergolong dalam tree nut atau pohon kacang. Maka dari itu, bagi Anda yang memiliki alergi kacang-kacangan bisa menghindari air kelapa atau sejenis olahan lainnya.

  • Pengidap Cystic Fibrosis

Bagi masyarakat umum, gangguan bernama Cystic Fibrosis ini mungkin masih terdengar asing. Kondisi ini bisa membuat penderitanya kekurangan kadar garam pada tubuh.

Pada sejumlah kasus, pengidap gangguan ini harus meminum cairan atau pil tertentu untuk meningkatkan kadar garam (natrium). Namun, air kelapa bukanlah pilihan tepat bagi penderita keluhan tersebut.

Alasannya karena air kelapa mengandung terlalu sedikit natrium dan lebih banyak kalium.

  • Seseorang yang Akan Operasi

Berikutnya adalah seseorang yang akan melakukan operasi. Dalam hal ini, air kelapa bisa mengganggu kontrol tekanan darah selama dan setelah jalannya operasi.

Sejalan dengan hal tersebut, disarankan untuk tidak meminum air kelapa terlebih dahulu. Setidaknya sekitar dua minggu sebelum jadwal operasi.

  • Penderita Tekanan Darah Rendah

Air kelapa memiliki cukup banyak kalium. Kandungan ini biasa dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebaliknya, bagi penderita darah rendah sebaiknya jangan sering mengonsumsi air kelapa, apalagi secara berlebih. Alasannya karena berpotensi semakin menurunkan kadar darah dalam tubuh dan menimbulkan gangguan lainnya.

Itulah sejumlah kondisi kesehatan yang dilarang minum air kelapa. Semoga bermanfaat.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Rajakomen
Scroll Top