Bonggol Pisang Ternyata Memiliki Khasiat Luar Biasa

24 Mar 2022  | 200x | Ditulis oleh : Team
Bonggol Pisang Ternyata Memiliki Khasiat Luar Biasa

Pisang banyak tumbuh di sekitar kita, buah dari tanaman yang menyukai iklim tropis panas dan lembap ini banyak dijumpai dimana-mana, dipasar, penjual buah. Karena pisang selalu berbuah sepanjang tahun.

Karena berbuah terus menerus, sering kita menjumpai hidangan penutup di meja makan pasti ada pisang. Orang memilih pisang penjadi penambah asupan dan gizi karena buahnya memberikan dampak yang bagus untuk kesehatan serta nutrisi tinggi.

Pisang selain buahnya ternyata tanaman pohon pisang juga kaya manfaat dan berkhasiat menyembuhkan beberapa penyakit. Kandungan serat yang tinggi bisa membersihkan sistem pencernaan kita yang pda akhirnya berpengaruh pada pencegahan penyakit.

Di beberapa negara Asia seperti India, Malaysia, dan Tahiland juga Indonesia, batang dan bunga pisang bisa dimasak dan dimakan.

Menurut ahli gizi batang pohon pisang ini mengandung berbagai nutrisi seperti tannin, gula, vitamin A, vitamin B, vitamin C saponinZat tepung, kalium, serotonin, hidrokitiptamin, dan neropinefrin.

Berikut ini manfaat luar biasa dari pohon buah pisang bagi kesehatan diantaranya adalah :

  • Mencegah batu ginjal

Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh yang berfungsi untuk menyaring darah setiap harinya. Oleh karena itu, endapan kalsium dalam organ ini bisa menyebabkan munculnya batu ginjal.

Namun hal itu bisa kita cegah dengan cara alami yaitu salah satunya dengan memanfaatkan efek diuretic batang pohon pisang yang dipercaya bisa melancarkan buang air kecil dan membersihkan saluran ginjal.

  • Mengontrol keasaman

Organ dengan kesaman harus sering minum jus jus batang pisang karena mampu memberikan bantuan dari tingkat kesaman pada lambung.

Bahkan cara ini diyakini efektif untuk mencegah terjadinya kerusakan pada dinding lambung.

  • Mengobati diabetes

Jus batanbg pohon pisang ini bisa mengatur tingkat insulin dalam tubuh, hal ini sangat bermanfaat dalam mengobati diabetes.

Minum jus batang pisang dengan tetap mempertahankan kndungan seratnya, mampu mencegah kadar gula dan mentralisir tensi darah

  • Membantu menyehatkan sistem pencernaan

Manfaat batang pisang adalah menyehatkan sistem pencernaan dlam tubuh. Karena dengan mengkonsumsi batang pisang , sistem pencernaan kita bisa selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang terhubung dengan sistem pencernaan.

  • Menyembuhkan anemia

Batang pohon pisang bisa meningkatkan hemoglobin dalam darah, karen kendungan vitamin B6. Oleh karen itu bagi penderita anemia, mengkonsumsi batang pohon pisang ini dipercaya bisa menjadi ramuan herbal untuk mengobati penyakit anemia.

Cara mengolahnya

  • Satu cangkir batang pisang
  • Gula sesuai kebutuhan
  • Setengah kapur
  • Garam
  • Satu gelas air

Rendam batang pisang dalam air selama satu jam untuk melunakkannya, hancurkan atau blender, saring menggunakan saringan yang sangat haluys, pisahkan serat dari jus, anda akan mendapatkan jus pucat dan agak kekuningan, peras air jeruk nipis, tambahkan gula dan sedikit garam, aduk rata, sajikan dingin di hari musim panas.

Semoga informasi ini memberikan banyak manfaat, selamat mencoba dan semoga selalu sehat.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Rajakomen
Scroll Top