Dianggapnya Hanya Rumput Liar Ternyata Kaya Manfaat

18 Mar 2022  | 216x | Ditulis oleh : Team
Dianggapnya Hanya Rumput Liar Ternyata Kaya Manfaat

Daunnya berbentuk seperti daun sirihtetapi lebih kecil dan lebih tebal serta berair dengan tkestur lunak. Memiliki perakaran dangkal dan batang sekulen (berair) berwarna cerah. Tinggi tumbuhan sekitar 15cm-45cm. Bunga berbentuk bulir terletak diujung batang atau di axial daun.

Ketumbang air merupakan tumbuhan tidak terlalu berair alias sedikit kering. Bahkan tumbuhan ini biasa ditemukan menempel pada tembok atau gulma di port-pot bunga.

Manfaat sirih cina

Ganiyat Oloyede, patricia Onocha, dan Bamidele B Olaniran Universitas Ibadan, dalam buku “Skrining fitokimia, toksisitas, antimikroba dan antioksidan ekstrak daun sirih cina dari Nigeria” menyebutkan, tumbuhan ini secara tradisional bermanfaat dalam mengobati beberapa penyakit, seperti abses, bisul, jerawat, radang kulit,penyakit ginjal dan sakit perut. Manfaat lainnya juga sebagai obat sakit kepala dan demam.

Hasil penelitian Susie O Sio menyatakan, tumbuhan ini sebagai alternative pengobatan asam urat. Menurut Mappa, T.,H,J., E. and K.N., 2013, dalam hasil penelitian berjudul “Formulasi Gel Ekstrak Daun Sasaladahan  dan Uji efektivitasnya terhadap Luka Bakar pada Kelinci pada jurnal ilmiah Farmasi, memberikan penjelasan sirih cina ini sebagai obat penyembuhan luka.

Dalam pengobatan tradisional, katanya sirih cina bermanfaat dalam mengobati beberapa macam penyakit seperti bisul, jerawat, radang kulit penyakit ginjal dan sakit perut.

Bisa juga untuk obat sakit kepala demam asam urat, menyembuhkan luka, antikanker dan antihipertensi. Sirih bumi ini sebenarnya termasuk tanaman obat seperti buat menurunkan darah tinggi, mendinginkan perut kalau panas, panas dalam, obatnya ini. Cara mengkonsumsinya bisa dimakan langsung atau buat minuman macam teh.

Tanaman ini bisa dikonsumsi emua dari akar, batang, daun dan buah. Jangan sepelekan tanaman yan satu ini ya, karena jika anda cek dilapak-lapak online, sirih cina ini bisa dibandrol dengan harga bervariasi per kilo ada yang jual Rp. 75.000. Sirih cina ini merupakan tumbuhan herbal dari Amerika Serikat tetapi tumbuh liar dan mudah didapat di Indonesia, tumbuhan ini bisa muncul di pekarangan atau tempat lembab.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Rajakomen
Scroll Top