Manfaat Air Putih Hangat Bagi Ibu Hamil

26 Jul 2022  | 177x | Ditulis oleh : Team
Manfaat Air Putih Hangat Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil setiap harinya harus mencukupi kebutuhan air putihnya untuk kesehatan bayi juga ibu hamil sendiri. Ternyata air hangat sangat baik untuk ibu hamil, bukan hanya menyegarkan tubuh tetapi air putih hangat memiliki banyak manfaat di masa kehamilan.

Amankan ibu hamil minum air hangat?

Dr. Sara Elise Wijono, M.Res menjelaskan bahwa tidak ada masalah jika ibu hamil suka minum hangat saat hamil. Hal itu lebih ke preferensi ibu hamil saja. Karena pada prinsipnya suhu air tidak begitu berpengaruh langsung untuk kesehatan ibu hamil. Saat air sudah masuk ke tubuh, suhu air akan disesuaikan dengan suhu tubuh.

Jadi baik air bersuhu normal, dingin atau hangat sama-sama baik.

Mungkin beberapa ibu hamil lebih menyukai air dingin karena menyegarkan, apalagi ibu hamil metabolisme tubuhnya sedikit berubah dan sering merasa kegerahan. Tetapi ada juga ibu hamil yang lebih menyukai air hangat, ini tentu tidak apa-apa, air hangat juga sangat boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

Yang terpenting adalah ibu hamil harus selalu memperhatikan kecukupan cairan setiap harinya, Dokter Sepriani juga mengingatkan kalau ibuhamil memerlukan cairaan relative lebih banyak dari orang biasa.

Ibu hamil wajib memenuhi kebutuha cairan setidaknya 6-8 gelas setiap hari, khususnya air putih.

Berikut ini Manfaat Air Hangat untuk Ibu Hamil

Minum air dingin memang menyegarkan tetapi jangan salah ya, air hangat juga punya banyak manfaat untuk kesehatan loh, apa saja sih manfaat air hangat untuk kesehatan.

  • Membantu detoksifikasi dan pencernaan

Minum air hangat membantu pencernaan dengan membersihkan racun-racun dari tubuh

Sistem pencernaan yang sehat memungkinkan tubuh anda menyerap nutrisi dengan lebih baik, dan nutrisi tersebut akan diteruskan ke bayi.

  • Meredakan sembelit

Dengan begitu banyak perubahan dalam tubuh, sangat besar kemungkinan ibu hamil mengalami konstipasi, nah air hangat dapat membantu anda buan air besar secara teratur. Air hangat bisa membantu memperlancar gerakan usus sehingga dapat mencegah konstipasi, yang sering dialami ibu hamil.

  • Mengurangi morning sickness

Mual dan muntah sering dialami oleh ibu hamil saat pagi hari, dan ini menjadi tantangan tersendiri bagi ibu hamil. Dengan minum air hangat ini akan mengurangi keluhan mual, begah dan nyeri ulu hati. Keluhan ini sering dialami ibu hamil dari trimester 1-3.

  • Menjaga kesehatan saluran napas

Hal yang umum disarankan dokter adalah menghindari konsumsi obat-obatan yang tidak perlu selama mengandung. Artinya sebisa mungkin anda harus menghindari penyakit umum, seperti batuk, flu dan radang tenggorokan. Nah dengan minum air hangat dapat membantu mencegah anda mengalami masalah terkait saluran nafas tersebut.

  • Tubuh terhidrasi dengan baik

Minum air hangat akan menghasilkan hidrasi yang lebih baik. Hidrasi yang baik juga membantu anda mengatasi masalah umum kehamilan seperti mual di pagi hari, kram dan pusing.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
RajaKomen
Scroll Top